Bagaimana Cara Membuat Tukang Setrum Ikan Kapok

Bagi kita seorang pemancing apalagi yang sangat menggilai hobi ini pastilah tidak suka melihat ada orang yang menangkap ikan menggunakan setrum atau biasa di sebut nyetrum ikan. Untuk mengatasi hal tersebut kami akan memberikan informasi Bagaimana Cara Membuat Tukang Setrum Ikan Kapok, minimal mikir berulang kali untuk mengulangi perbuatannya di spot mancing yang kita senangi.

Perbuatan menyetrum ikan adalah tindakan yang merugikan ekosistem terutama untuk jenis hewan kecil seperti anak ikan, amuba, plankton dan makluk sejenisnya.

Tukang Setrum Ikan

Para pelaku tindakan ini kebanyakan memiliki argumentasi yang mengatakan tidak membuat mati ikan hanya pingsan atau lemas. Mereka lupa kalau ikan targetnya mungkin lemas tapi makhluk kecil yang kebanyakan jadi sumber makanan ikan tersebut mudah mati dan mengakibatkan ketimpangan sistem dan akhirnya memusnahkan apa yang mesjadi sumber pencarian mereka tersebut. Itulah kenapa sebabnya menangkap ikan menggunakan setrum di larang oleh negara bahkan dunia.

Membuat setrum ikan itu sederhana bahkan cara penggunaannya juga mudah tapi kalau mengingat efek buruk yang di timbulkannya terhadap lingkungan kita, ada baiknya jangan lakukan ini teman lebih baik kita mancing aja ya lebih asik dan banyak temannya.

Masih juga nekat membuat setrum ikan dan ngelakuin nyetrum ikan ? ok..sebaiknya kalian waspada dengan apa yang mungkin akan kalian terima seperti :
  • Di laporkan ke pihak yang berwajib di tangkap dan di penjara
  • Di amuk masa
  • Di kerjain  
Nah Bagi sobat pemancing yang kesal dengan tindakan orang orang yang tidak bertanggung jawab yang kerjanya suka nyetrumin ikan, kalian dapat ngerjain mereka dengan menggunakan cara ini yang admin dapat dari group fb mancing maniac yaitu dari om Gio Legio.

Foto FB Gio Legio

Cara Ngerjain Tukang Setrum Ikan

Cara ini cukup sederhana dan dapat merusak peralatan sutrum yang di gunakan, berikut ini cara pembuatannya:

Alat yang di perlukan:
  • 2 buah Magnet atau Besi Sembrani atau Besi Berani, semakin besar semakin bagus
  • Kawat tembaga atau kuningan ( recommended ), bisa juga kawat yang lain yang penting dapat menghantarkan arus listrik. Panjang kawat sesuaikan dengan lebar area di mana tukang setrum beroperasi, dan kawatnya haruslah yang telanjang atau tidak ada pembungkusnya.
  • 2 buah bambu atau tongkat untuk penyangga

Cara Membuat Anti Setrum

1 buah magnet di ikatkan pada 1 tiang atau batang bambu lalu yang satunya lagi di buat begitu juga. Ikatkan ujung kabel ke masing masing magnet. Setelah rangkaian jadi tancapkan batang bambu di lokasi tukang setrum ikan biasa beraksi, tancapkan hingga tenggelam agar tidak kelihatan olehnya. Lihat ilustrasi gambar di bawah.

Rangkaian Anti Setrum

Rangkaian yang di buat ini nantinya berfungsi untuk merusak alat setrum ikan, bila si tukang setrum atau stromer beraksi dan alatnya menyentuh kawat kabel yang kita pasang tersebut maka secara spontan alatnya akan rusak di tandai adanya ledakan kecil tanpa ia ketahui apa penyebabnya.

Mudah bukan untuk membuat anti setrum ikan ini ketimbang membuat alat setrum ikannya, dan yang pasti dengan adanya tips ini teman teman pemancing ataupun yang perduli lingkungan memiliki cara untuk sedikit memberi pelajaran pada perusak lingkungan ini agar jera ataupun menghentikan perbuatannya.

Semoga saja postingan Bagaimana Cara Membuat Tukang Setrum Ikan Kapok memiliki manfaat bagi kita semua, jangan lupa baca juga postingan sebelumnya tentang Mengenal Lebih Rinci Tentang Ikan Jahan.
loading...

5 Responses to "Bagaimana Cara Membuat Tukang Setrum Ikan Kapok"

  1. Mencari ikan dg strum itu lebih baik dari pada pakai racun. karena strum hanya alat kejut yg hanya akan membuat ikan pingsan sementara. toh biasanya penyetrum hanya mengambil yg udah layak konsumsi. Dan menurut penelitian ahir ahir ini setrum lebih bisa diterima dari pada jaring

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap gak bisa pak, udah diatur dalam undang2 no 45 tahun 2009 tentang perikanan

      Delete
    2. Ngotot ngeyel nih orang.
      Membaca tapi gak memahami.
      Lebih mending, lebih mending !!!!

      Sini pala lu gua tempelengin
      Lebih mending mana sama pala lu klo gua injek2 ?

      Sama2 sakit kan?
      Walau efeknya beda.

      Delete
  2. saya sdh eksperimen membuat alat setrum ikan dan bbrp magnet + kawat tembaga spt postingan diatas.
    magnet yg sy gunakan tipe neo ( lbh kuat daya magnetnya drpd magnet biasa ).
    hasilnya : tdk ada pengaruhnya terhadap alat setrumnya, media eksperimen selokan dg lebar +/- 1mtr dan diisi dg ikan + bibit anakan ikan berbagai jenis. ikan² eksperimen di dlm selokan tetap mati kena setrum.
    total eksperimen menghabiskan biaya lbh dari 1jt, dan alat setrum setelah eksperimen sdh sy hancurkan (krn sy bukan tukang setrum).

    yg terbaik jika ketemu tukang setrum sgr lapor ke pihak yg berwenang krn sdh jelas undang² maupun peraturan larangan setrum ikan (ilegal fishing).

    ReplyDelete
  3. Kalo saya sih bang saat kebenaran sudah tidak di indahkan maka ketapel pun akan bicara ,,,

    ReplyDelete

- Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang anda baca
- No Spamming
- No Link or Live Link
- No SARA or SARU
- Trims Atas Partisipasi Sobat Angler Sekalian Dalam Berkomentar Disini