Tips Mencari Umpan Pumpun Atau Cacing Laut

Umpan adalah salah satu aspek penting dalam memancing ikan oleh karena itu setiap para pemancing pasti telah memiliki jenis umpan favoritnya masing masing atau menyesuaikan jenis umpan pada target ikan ikan tertentu. Sangat banyak jenis umpan baik itu umpan hidup maupun umpan mati, kali ini admin akan membhas tentang unpan Cacing Laut atau di sebut juga Umpun Umpun atau Pumpun. Berikut Tips Mencari Umpan Pumpun Atau Cacing Laut.

Pumpun atau Cacing Laut

Pumpun atau umpun umpun adalah jenis cacing laut yang memiliki nama ilmiah ( Phylum Annelida ), Hewan ini sangat baik sekali di gunakan sebagai umpan untuk memancing layaknya seperti cacing tanah. Perbedaan pumpun dengan cacing tanah kalau di lihat dengan kasat mata sangat berbeda karena pumpun memiliki puluhan mungkin juga ratusan kaki sedangkan cacing tanah tidak memilikinya sama sekali, umpun umpun atau pumpun ini hidup di pinggir pantai dan sangat sering di buru oleh para penggila mancing karena keefektifannya dalam mendapatkan strike terutama untuk memancing ikan ikan karang ikan pantai dan rawa terutama sembilang.

Pumpun memiliki beberapa macam tempat tinggal ada yang di bawah batu batuan ada yang di dalam lubang pasir dan ada juga yang membuat sarang yang biasa di sebut pumpun sarang ( jenis ini umumnya hidup di daerah berlumpur ). Adapun cara Mencari Pumpun atau Umpun Umpun atau Cacing Laut ini adalah sebagai berikut:

Di beberapa daerah dalam mencari pumpun menggunakan cangkul atau berbagai jenis alat yang bisa untuk menggali terutama untuk mendapatkan pumpun jenis sarang. Pengalaman pribadi admin sewaktu Ramayana Mall belum berdiri di tanjungpinang mencari pumpun sarang cukup dengan tangan kosong karena kondisi lumpurnya sangat lunak tidak bercampur bebatuan dan mudah untuk di gali.
Bentuk Rumah Pumpun Sarang

Adapun cara lainnya sebagaimana yang pernah admin lihat di sepanjang pantai dari tugu pensil hingga tanjungbuntung yang sekarang telah menjadi para pencari pumpun menggunakan ampas kelapa yang di taburkan dan uniknya para pumpun akan keluar dari lubang lubang pasir tempat mereka bersarang, para pencari tinggal menangkap pumpun yang tampak. Ada juga yang menggunakan dedak ( makanan unggas ) di campur sedikit air lalu di percikkan ke pasir pasir pantai dan umpun umpunpun akan keluar untuk memakannya nah saat itulah sang pencari harus jeli untuk menangkapnya.

Di beberapa negara mungkin saja di indonesia juga ada namun admin belum menemukan referensinya para pencari cacing laut ini menggunakan jenis daging ikan atau udang yang di masukkan dalam jaring kecil ( kadang mereka menggunakan stoking ) lalu di seret di sepanjang pantai yang di sinyalir ada pumpunnya untuk menggoda pumpun agar keluar dari dalam pasir nah ketika itu sang pencari harus sigap untuk menangkap karena pumpun hanya menampakkan kepala doang, jenis pumpun ini cukup besar dan panjang bahkan ada yang sampai panjang 2 hingga 3 meter.

Demikianlah sedikit informasi tentang Tips Mencari Umpan Pumpun Atau Cacing Laut semoga ada manfaat yang dapat di ambil, jangan lupa untuk membaca juga artikel terdahulu tentang Alasan Kenapa Ikan Target Terkesan Tidak Mau Makan Umpan. Sekian dari Kepri Fishing Club dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya salam.
loading...

1 Response to "Tips Mencari Umpan Pumpun Atau Cacing Laut"

  1. Saya jual pumpun atau umpun-umpun,
    081553816467
    291FE14B

    ReplyDelete

- Berkomentarlah sesuai dengan artikel yang anda baca
- No Spamming
- No Link or Live Link
- No SARA or SARU
- Trims Atas Partisipasi Sobat Angler Sekalian Dalam Berkomentar Disini